12 September 2021, 23:17 WIB

UEA Anggarkan Rp93 T untuk Subsidi Karyawan Swasta


Insi Nantika Jelita | Internasional

UNI Emirat Arab (UEA) berencana menggelontorkan anggaran 24 miliar dirham atau sekitar Rp93 triliun untuk subsidi ke sektor pekerja swasta. Tujuannya untuk mengurangi gap antara pekerja lokal dan asing di negara persatuan itu.

Diketahui bahwa banyak lulusan perguruan tinggi yang menolak tawaran dari perusahaan swasta di UEA. Sementara, jutaan warga negara asing dari seluruh dunia saat ini mengisi sebagian besar pekerjaan sektor swasta di sana.

Rencana subsidi yang diumumkan pemerintah UEA,  Minggu (12/9) itu termasuk bakal memberikan tunjangan bulanan sekitar 800 dirham per pekerja dan hingga empat kali lipat untuk orang yang berpenghasilan kurang dari 20.000 dirham sebulan.

Upaya itu diharapkan membantu menutup kesenjangan antara sektor publik dan swasta karena pemerintah bertujuan untuk menyerap 75.000 pekerja ke dalam pekerjaan sektor swasta selama lima tahun ke depan.

Insentif lainnya ialah termasuk program pelatihan berbayar, penghasilan tambahan selama lima tahun, dan bonus untuk orang yang bekerja dalam profesi yang dianggap penting seperti keperawatan dan pemrograman komputer. Langkah-langkah tersebut mengikuti pelonggaran persyaratan visa kerja minggu lalu, yang dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, ketika UEA mencoba bangkit dari keterpurukan akibat dari kemerosotan harga minyak dan pandemi virus korona.

Pengangguran di UEA dilaporkan naik menjadi 5% pada 2020 dari 2,2% tahun sebelumnya, menurut perkiraan terbaru dari Bank Dunia, yang tidak menyebutkan detail angka pengangguran warga negara tersebut. (Bloomberg/OL-8)

BERITA TERKAIT