09 September 2021, 20:46 WIB

Menteri Pertahanan AS Tunda Kunjungan ke Arab Saudi


Mediaindonesia.com | Internasional

MENTERI Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin, yang sedang melakukan tur ke Teluk, telah menunda kunjungan ke Arab Saudi tanpa batas waktu. Ini dikatakan Pentagon pada Rabu (8/9) mengutip alasannya berupa masalah penjadwalan.

"Perjalanan Sekretaris ke Arab Saudi telah ditunda karena masalah penjadwalan. Dia berharap untuk menjadwal ulang pada kesempatan yang paling cepat," kata seorang pejabat departemen pertahanan kepada AFP.

Baca juga: Arab Saudi Disarankan Bangun Dialog dalam Perangi Ekstremisme

Austin melakukan perjalanan ke kawasan Teluk awal pekan ini, seminggu setelah penarikan AS yang kacau dari Afghanistan berakhir. Dia pertama kali pergi ke Doha dengan Menteri Luar Negeri Antony Blinken untuk mengunjungi pangkalan utama terkait pengangkutan udara besar-besaran yang didirikan oleh Amerika Serikat dari Kabul. 

Amerika Serikat dan sekutunya mengevakuasi sekitar 123.000 orang, sebagian besar warga Afghanistan yang takut akan pembalasan Taliban, pada hari-hari terakhir perang selama 20 tahun AS yang diakhiri Presiden Joe Biden bulan lalu.

Baca juga: Citra Keras Saudi Berakar pada Aliran Wahabi

Austin kemudian melakukan perjalanan ke Kuwait dan bertemu dengan para pemimpin negara itu, Rabu (8/9). Dia berterima kasih atas peran penting mereka dalam mendukung evakuasi dari Afghanistan, kata juru bicara Pentagon John Kirby. Austin juga akan melakukan perjalanan ke Bahrain. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT