09 September 2021, 06:39 WIB

Israel Kirim Pasukan ke Tepi Barat untuk Buru Buronan Palestina


Basuki Eka Purnama | Internasional

ISRAEL, Rabu (8/9), membanjiri Tepi Barat dengan personel militer untuk memburu enam warga Palestina yang berhasil melarikan diri dari penjara.

Militer Israel, dalam sebuah pernyataan resmi, mengatakan dalam upaya menangkap keenam buronan itu mereka memutuskan untuk menutup wilayah Judea dan Samaria, nama yang diberikan Israel untuk Tepi Barat.

Penutupan itu, lanjut militer Israel, akan dilakukan hingga Jumat (10/9) tengah malam dan bisa diperpanjang.

Baca juga: Israel Tangkap Anggota Keluarga Tahanan yang Kabur dari Penjara

"Kepala Angkatan Darat israel Aviv Kohavi telah memutuskan untuk menambah personel militer dengan menurunkan batalion tempur, pasukan observasi, dan sejumlah pesawat untuk membantu pencarian para tahanan dan mencegah aksi teror di kawasan," ujar keterangan resmi militer Israel.

Aksi demonstrasi digelar di sejumlah kota di Tepi Barat pada Rabu (8/9) untuk mendukung para buronan.

Di Nablus, kaum muda membakar ban dalam konfrontasi dengan militer Israel. Bulan Sabit Merah Palestina melaporkan 60 demonstran terluka oleh gas air mata dalam aksi itu.

Aksi demonstasi mendukung enam buronan, yang lima di antaranya adalah anggota Jihad Islam dan satu dari kelompok Fatah, juga digelar di Ramallah dan Jerusalem Timur.

Aksi melarikan diri dari penjara itu terjadi pada Senin (6/9) melalui lubang yang digali di bawah wastafel di sel mereka, diduga dilakukan dengan menggunakan sendok. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT