09 September 2021, 06:04 WIB

Uni Eropa Keluarkan Jepang dari Daftar Perjalanan Aman Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PARA duta besar negara-negara Uni Eropa, Rabu (8/9), setuju menghapus enam negara, termasuk Jepang, dari daftar perjalanan aman covid-19 blok tersebut. Keputusan ini membuat wisatawan yang masuk dapat menghadapi pembatasan.

Aturan yang menargetkan perjalanan tidak penting dari Jepang, Serbia, Azerbaijan, Albania, Armenia, dan Brunei, yang akan diresmikan pekan ini, adalah langkah terbaru Brussels untuk memperketat kedatangan karena kekhawatiran atas meningkatnya jumlah infeksi covid-19.

Pada saat yang sama, para utusan setuju menambahkan Uruguay ke negara-negara yang pembatasannya tidak direkomendasikan.

Baca juga: WHO Minta Negara di Dunia tidak Berikan Vaksin Covid-19 Booster Hingga 2022

Daftar ini tidak mengikat 27 negara Uni Eropa, yang mungkin memilih mengizinkan pelancong yang teah divaksinasi penuh dari tujuan mana pun untuk dikunjungi.

Sebagian besar anggota UE telah mengikuti saran perjalanan Brussel selama krisis sejauh ini.

Brussels, akhir bulan lalu, merekomendasikan agar negara-negara anggota Uni Eropa memberlakukan kembali pembatasan perjalanan tidak penting dari Amerika Serikat (AS) karena meningkatnya angka covid-19 di negara itu akibat upaya vaksinasinya terhenti.

Setelah perubahan terbaru mulai berlaku, akan ada sekitar selusin negara dalam daftar aman covid-19 UE. (Straitstimes/OL-1)

BERITA TERKAIT