02 September 2021, 09:25 WIB

Mesir Targetkan Produksi 1 Miliar Vaksin Covid-19 Sinovac Per Tahun


Basuki Eka Purnama | Internasional

MESIR, Rabu (1/9), berencana memproduksi 1 miliar dosis vaksin covid-19 buatan Tiongkok, Sinovac, per tahun, sehingga menjadi produsen vaksin covid-19 terbesar di Timur Tengah dan Afrika.

Berdasarkan kesepakatan dengan perusahaan farmasi Tiongkok, sebuah pabrik di Kairo akan memproduksi lebih dari 200 juta vaksin per tahun untuk memasok kebutuhan dalam negeri Mesir. Hal itu dikatakan Menteri Keshetan Mesir Hala Zayed.

Pabrik kedua akan memproduksi 3 juta dosis per hari atau 1 miliar per tahun dengan target mengekspor vaksin covid-19 ke kawasan Afrika.

Baca juga: Moderna Sebut Vaksin di Jepang Tercemar Baja

Pemimpin proyek produksi vaksin covid-19 Mesir Heba Wali mengatakan otoritas obat Mesir telah memberi lampu hijau untuk produksi itu.

Sebelumnya, perwakilan Tiongkok telah tiba di Mesir untuk memeriksa peralatan dan material untuk memproduksi vaksin Sinovac di pabrik milik perusahaan milik negara, Vascera.

Mesir, yang berpopulasi lebih dari 100 juta, telah mencatatkan lebih dari 288 ribu kasus covid-19 dan lebih dari 16.700 kematian. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT