01 September 2021, 11:16 WIB

UE Telah Capai Target Vaksinasi 70 Persen Orang Dewasa


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

KOMISI Eropa mengatakan 70% dari populasi orang dewasa Uni Eropa telah divaksinasi covid-19 secara lengkap. Pengumuman tersebut menandai tonggak sejarah dalam strategi vaksinasi UE setelah awal yang lambat, tetapi juga menutupi perbedaan besar di antara negara-negara UE, dengan beberapa negara melebihi target 70 persen, sementara yang lain di wilayah timur blok yang lebih miskin jauh tertinggal.

"70% orang dewasa di UE telah divaksinasi sepenuhnya. Saya ingin berterima kasih kepada banyak orang yang membuat pencapaian besar ini menjadi mungkin,” kata Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen di Twitter.

Pada Januari, Komisi mengatakan bahwa pada musim panas 2021, negara-negara anggota harus memvaksinasi minimal 70% dari populasi orang dewasa.

Ini ditafsirkan sebagai makna masing-masing dari 27 negara anggota UE harus mencapai target itu pada bulan September.

Sekarang blok tersebut secara kumulatif telah memvaksinasi 70% dari populasi orang dewasanya, yang berarti bahwa setidaknya 255 juta orang telah menerima dua dosis vaksin Pfizer/BionTech, AstraZeneca atau Moderna, atau satu suntikan vaksin Johnson & Johnson dosis tunggal.

Baca juga: UE Sebut Mustahil Evakuasi Semua Personel di Afghanistan pada 31 Agustus

Situasinya sangat berbeda antar negara. Malta telah memvaksinasi penuh lebih dari 90% populasi orang dewasanya, menurut data dari Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa (ECDC).

Irlandia dan Portugal juga telah mengimunisasi lebih dari 80% populasi orang dewasa mereka, dan Prancis berada di atas 70%, menurut angka ECDC, yang biasanya diperbarui sedikit lebih lambat dari informasi yang tersedia dari Komisi Uni Eropa.

Di timur, Bulgaria telah memvaksinasi sepenuhnya hanya seperlima dari populasi orang dewasanya, dan Rumania sekitar 30 persen orang dewasa. Kroasia, Latvia, Slovenia dan Slovakia telah mengimunisasi sekitar setengah dari mereka yang berusia di atas 18 tahun.

"Kita harus melangkah lebih jauh. Kita membutuhkan lebih banyak orang Eropa untuk divaksinasi. Dan kita juga perlu membantu seluruh dunia untuk memvaksinasi," kata von der Leyen dalam tweetnya. (Straitstimes/OL-5)

BERITA TERKAIT