26 August 2021, 21:37 WIB

Merkel Tunda Kunjungan ke Israel terkait Afghanistan


Mediaindonesia.com |

KANSELIR Jerman Angela Merkel menunda perjalanan yang direncanakan ke Israel akhir pekan ini. Hal tersebut terkait upaya evakuasi akhir dari Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban, juru bicaranya Steffen Seibert mengatakan Kamis (26/8).

"Perjalanan kanselir ke Israel yang direncanakan pada 28-30 Agustus telah dibatalkan berkoordinasi dengan perdana menteri Israel karena perkembangan saat ini di Afghanistan," kata Seibert. "Kedua belah pihak sepakat bahwa kunjungan kanselir harus dilakukan di kemudian hari."

Merkel, yang akan pensiun dari politik setelah pemilihan umum bulan depan, akan mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri baru Israel Naftali Bennett dan Presiden Isaac Herzog serta menerima gelar doktor kehormatan dari Institut Teknologi Technion Israel.

Selama 16 tahun berkuasa, Merkel menggambarkan keamanan nasional Israel sebagai prioritas penting dari kebijakan luar negeri Jerman karena tanggung jawab historis negara itu atas Holocaust.

Baca juga: Jabatan akan Berakhir, Merkel Kunjungi Israel Pekan Depan

Jerman mengambil bagian dalam operasi militer saat ini oleh sekutu NATO untuk mengevakuasi warga Afghanistan yang membutuhkan perlindungan serta berlomba menyelesaikan penarikan pasukan dan personelnya sendiri. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT