19 August 2021, 07:18 WIB

Masyarakat Ethiopia Ucapkan Selamat HUT ke-76 RI


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

SAAT bangsa Indonesia merayakan dan memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI, banyak pemuda Ethiopia yang menghubungi Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur. Mereka menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada Indonesia dan harapan-harapan mereka ke depan.

“Mereka menyampaikan ucapan selamat dengan menelepon dan berbicara langsung dengan saya dan juga melalui pesan-pesan melalui telepon genggam,” kata Dubes Al Busyra dalam keterangan resmi, Kamis (19/8) waktu setempat.

President Youth to Youth Kalewongel Tesfaye, yang juga salah seorang pendiri Indonesia-Ethiopia Youth Association (IEYA), menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kemerdekaan kepada Indonesia.

Baca juga: HUT ke-76 RI: KBRI di Slowakia Hadirkan Keanekaragaman RI

Ia juga menegaskan dirinya bersama pimpinan organisasi pemuda Ethiopia lainnya bertekad terus meningkatkan kontribusi dalam memperkuat hubungan Ethiopia dengan Indonesia, khususnya melalui KBRI Addis Ababa.

“Saya bangga menjadi sahabat Indonesia. Banyak sekali potensi kerja sama Ethiopia dan Indonesia yang harus dikembangkan bersama oleh kedua bangsa, terutama oleh pemuda kedua negara,” kata Kalewongel, yang juga salah seorang delegasi Ethiopia dari kalangan pemuda pada Indonesia Africa Infrastructure Dialogue (IAID) 2019.

Ia juga berharap dapat berkunjung kembali ke Indonesia melalui program-program yang ia rancang dan bermanfaat bagi kedua negara.

Sementara itu, Meron Anteneh, seorang mahasiswa, juga mengucapkan selamat merayakan hari kemerdekaan kepada bangsa Indonesia yang ia cintai.

“Let’s take a moment to think of their sacrifice and what they had to pay for the freedom we enjoy today. Freedom is the way God intended us; it is something we are born with. Something that no one can take away from you. Let’s celebrate Freedom! Happy Independence Day Indonesia!,” kata Meron melalui pesan singkat kepada Dubes Al Busyra.

Meron adalah salah seorang dari tiga mahasiswa Ethiopia yang mengikuti Bali Democracy Students Conference (BDSC) 2019 yang diselenggarakan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri. (OL-1)

BERITA TERKAIT