18 August 2021, 13:10 WIB

HUT ke-76 RI: KBRI di Slowakia Hadirkan Keanekaragaman RI


Muhammad Fauzi |

KEMERIAHAN Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia terasa di Slowakia. Dimana Kedutaan Besar RI (KBRI) di Bratislava, Slowakia, menggelar keanekaragaman budaya tanah air, melalui bazzar dan pameran foto.

Duta Besar RI untuk Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso mengatakan, bazaar Indonesia sendiri merupakan even pertama yang pernah dilaksanakan di Bratislava.

"Bazaar Indonesia yang meriah ini terselenggara atas peran dan dukungan serta seluruh masyarakat Indonesia serta Friends of Indonesia di Slowakia,” ungkap Adiyatwidi Adiwoso dalam keterangan resmi yang dikutip mediaindonesia.com, Rabu (18/8)

Ada sekitar 80 Warga Negara Indonesia (WNI) dan diaspora berpartisipasi menyukseskan bazaar. Acara ini didukung pula oleh Pusat Promosi Perdagangan Indonesia (ITPC) Budapest.

“Pojok Gastronomi Indonesia juga telah diserbu oleh para pengunjung dan habis dalam sekejab. Berbagai makanan yang dijual di Pojok Gastronomi seperti nasi ayam betutu, roti buaya, nasi goreng, sate ayam, pempek, bakso serta berbagai jajanan pasar. Selain itu, juga dilakukan demo masakan Indonesia yang memungkinkan para pengunjung untuk dapat mencobanya di rumah,” ungkapnya.

Dikatakan, 87 karya foto yang dipajang dengan tajuk Magnificient Indonesia, merupakan koleksi kelompok fotografer Magnific Indonesia, yang mempromosikan melalui sejumlah foto keanekaragaman budaya, keindahan pemandangan, kehidupan bawah laut, kekayaan satwa liar, serta beberapa potret kehidupan perkotaan Indonesia.

“Penyelenggaran pameran foto Magnificent Indonesia ini telah mengalami penundaan akibat pandemi COVID-19 dari rencana awal yakni pada Maret 2020 dan baru terselenggara di tahun 2021. Kegiatan pameran foto ini akan berlangsung hingga tanggal 20 Agustus 2021,” ungkap Adiyatwidi.

Promosi keberagaman budaya  Indonesia seperti tarian dari berbagai daerah, lagu-lagu Indonesia, hingga pencak silat, turut mengundang decak kagum sekitar 300 pengunjung yang hadir menyaksikan bazaar dan pameran foto di KBRI Bratislava.

Ratusan pengunjung itupun antusias mengikuti beberapa tarian massal Indonesia seperti Poco-Poco dan Gemu Fa Mi Re. (RO/OL-13)

Baca Juga: Dharma Wanita KJRI New York Promosikan Budaya di HUT ke-76 RI

 

BERITA TERKAIT