18 August 2021, 12:40 WIB

Facebook Blokir Akun WhatsApp Taliban


Insi Nantika Jelita | Internasional

RAKSASA jejaring sosial, Facebook menyatakan telah memblokir akun WhatsApp yang terkait dengan Taliban. Pemblokiran dilakukan setelah kelompok militan Taliban menguasai Afghanistan.

"Taliban dikenai sanksi sebagai organisasi teroris di bawah hukum AS dan kami telah melarang mereka dari layanan kami di bawah kebijakan Organisasi Berbahaya kami," kata juru bicara Facebook kepada AFP, Rabu (18/8).

Facebook menutup hotline WhatsApp yang didirikan Taliban, yang menerima keluhan tentang kekerasan dan penjarahan. Seorang juru bicara WhatsApp menyampaikan bahwa perusahaan tersebut diharuskan mengikuti aturan AS.

"Langkah ini termasuk melarang akun yang tampaknya mewakili diri mereka sebagai akun resmi Taliban. Kami mencari lebih banyak informasi dari otoritas AS yang relevan mengingat situasi yang berkembang di Afghanistan," kata perusahaan itu.

"Ini berarti kami menghapus akun yang dikelola oleh atau atas nama Taliban dan melarang pujian, dukungan, dan representasi mereka," tambahnya.

Sementara, Gedung Putih, Selasa (17/8), mengatakan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden belum berbicara dengan pemimpin dunia manapun sejak ibu kota Afghanistan, Kabul, jatuh ke tangan Taliban.

"Dia belum berbicara dengan para pemimpin dunia lainnya," kata Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan. (AFP/Channel News Asia/OL-13).

Baca Juga: Dewan HAM PBB akan Bahas Soal Afghanistan pada 24 Agustus

BERITA TERKAIT