12 August 2021, 00:04 WIB

Potongan Kue Pengantin Pangeran Charles-Lady Diana Laku Rp31 Juta


Widhoroso |

SATU potongan kue pengantin pernikahan Pangeran Charles dengan Diana Spencer, yang kemudian dikenal dengan Lady Diana, pada 1981 silam, laku terjual seharga 1.850 pound atau sekitar Rp31 juta. Potongan kue itu dibeli kolektor dalam lelang yang dilakukan Dominic Winter Auctioneers di Cirencester, Inggris, Rabu (11/8).

Potongan kue berusia 40 tahun itu dan dilarang untuk dikonsumsi merupakan bagian dari kue pernikahan bertingkat lima saat Pangeran Charles menikahi Lady Diana pada 29 Juli 1981, awalnya diperkirakan akan laku dengan kisaran harga 300 pound hingga 500 pound. Namun, banyaknya peminat membuat potongan kue berlapis gula putih tebal yang dihiasi dengan lambang kerajaan ini, terjual di atas harga yang diperkirakan.

"Kami sangat terkejut dengan banyaknya peminat terhadap potongan kue ini. Mereka yang ikut lelang sebagian besar berasal dari Inggris, selebihnya dari Amerika Serikat dan Timur Tengah. Pemenang lelang ini berasal dari Leeds, Inggris," ungkap Chris Albury, juru lelang di Dominic Winter Auctioneers.         

Potongan kue ini awalnya dimiliki oleh Moyra Smith, yang bekerja untuk ibu Ratu Elizabeth II di Clarence House, London. Setelah Simith meninggal, keluarganya menjual potongan kue ini ke seorang kolektor dengan harga 1.000 pound.

"Tampaknya kondisinya sama persis seperti saat pertama kali dijual, tapi kami menyarankan untuk tidak memakannya," kata juru lelang. (AFP/OL-15)

BERITA TERKAIT