11 August 2021, 13:49 WIB

Kepresidenan Iran Konfirmasi Raisi Diundang ke KTT Baghdad


Mediaindonesia.com | Internasional

PRESIDEN baru Iran Ebrahim Raisi telah diundang ke pertemuan puncak regional yang direncanakan di Baghdad. Ini disampaikan kantornya, Selasa (10/8), selama kunjungan diplomat tinggi Irak.

Undangan itu disampaikan ke ibu kota Iran oleh Menteri Luar Negeri Irak Fuad Hussein, sehari setelah Baghdad mengumumkan pertemuan puncak yang ditetapkan akhir bulan ini. Presiden Prancis Emmanuel Macron telah mengonfirmasi bahwa dia berencana untuk hadir. 

Irak mengatakan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Raja Arab Saudi Salman juga telah diundang. Kepresidenan Iran tidak mengkonfirmasi Raisi akan menerima undangannya atau tidak, tetapi pernyataan setelah pertemuannya dengan Hussein mengutip dia menyambut inisiatif Irak.

"Kerja sama antara negara-negara kawasan tanpa campur tangan asing merupakan syarat yang diperlukan untuk keamanan kawasan yang stabil," tambah Raisi dalam pernyataan. Pengumuman kepresidenan datang setelah Hussein bertemu dengan mitranya dari Iran, Mohammad Javad Zarif, di Teheran, menurut media Iran.

Baca juga: Jaksa Swedia Dakwa Mantan Pejabat Iran terkait Eksekusi pada 1988

Kedua pria itu membahas hubungan bilateral dan perkembangan regional dan internasional terbaru, kata kantor berita ISNA. Belum ada tanggal pertemuan di Baghdad yang diumumkan dan daftar lengkap peserta belum diumumkan. Irak berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai mediator antara negara-negara Arab dan Iran. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT