10 August 2021, 19:05 WIB

Irak Undang Iran dan Saudi Hadiri Pertemuan Akhir Bulan Ini


Mediaindonesia.com | Internasional

MENTERI Luar Negeri Irak Fuad Hussein bertemu dengan mitranya dari Iran, Mohammad Javad Zarif, di Teheran, Selasa (10/8). Baghdad tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak regional akhir bulan ini.

"Kedua pria itu membahas hubungan bilateral dan perkembangan regional dan internasional terbaru," kata kantor berita ISNA. "Diharapkan, berdasarkan beberapa spekulasi, bahwa menteri luar negeri Irak akan menyampaikan undangan kepada otoritas Teheran agar Iran bergabung dalam pertemuan puncak internasional di Baghdad," tambahnya.

Kantor berita resmi Iran IRNA tidak memberikan rincian agenda pembicaraan Zarif dengan Hussein. Baghdad telah mengatakan bahwa Presiden Prancis Emmanuel Macron akan menghadiri pertemuan puncak yang direncanakan.

Begitu pun Recep Tayyip Erdogan dari Turki dan Raja Arab Saudi Salman juga telah diundang. Belum ada tanggal pertemuan yang diumumkan.

Irak berusaha untuk memantapkan dirinya sebagai mediator antara negara-negara Arab dan Iran. Baghdad telah menengahi pembicaraan antara pemain utama regional, Riyadh dan Teheran, sejak April untuk memperbaiki hubungan yang terputus pada 2016.

Baca juga: Biden Umumkan Berakhirnya Operasi Tempur AS di Irak

Presiden baru Iran Ebrahim Raisi, yang menjabat pekan lalu, mengatakan dia melihat tidak ada hambatan untuk memulihkan hubungan dengan kerajaan Teluk itu. Ia telah menjadikan peningkatan hubungan dengan negara-negara kawasan sebagai salah satu prioritas pemerintahannya. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT