04 August 2021, 05:53 WIB

Tokoh Oposisi Belarus Ditemukan Tergantung di Ukraina, Diduga Dibunuh


Basuki Eka Purnama | Internasional

TOKOH oposisi Belarus Vitaly Shishov, Selasa (3/8), ditemukan tergantung di sebuah taman di dekat tempat tinggalnya di Ukraina.

Hal itu memicu penyelidikan polisi saat pendukung Shishov menuding rezim Presiden Belarus Alexander Lukasheno bertanggung jawab atas kematian aktivis yang membantu warga Belarus melarikan diri ke luar negeri.

Shishov merupakan pemimpin Belarusian House di Ukraina, LSM yang aktif melakukan berbagai hal mulai dari membantu warga Belarus melarikan diri ke Ukraina hingga menggelar aksi demonstrasi anti-Lukashenko.

Baca juga: NATO Kutuk Serangan terhadap Kapal Tanker Israel dan Peringatkan Iran

Dia pergi joging di Kiev, Senin (2/8) namun tidak kembali dan tidak bisa dihubungi.

Lukashenko, yang menjabat sebagai presiden Belarus sejak 1994, belakang ini mulai menghabisi mereka yang menentang dirinya sejak aksi demonstrasi besar-besaran memprotes kemenangannya dalam pemilu pada tahun lalu.

Banyak warga Belarus melarikan diri ke luar negeri, mayoritas ke negara tetangga seperti Ukraina, Polandia, dan Lithuania.

"Vitaly Shishov, yang menghilang di Kiev, kemarin, hari ini ditemukan tergantung di salah satu taman yang terletak tidak jauh dari tempat tinggalnya," ungkap polisi Ukraina dalam sebuah pernyataan.

PBB dan Amerika Serikat (AS) mendesak polisi Ukraina untuk menggelar penyelidikan menyeluruh terhadap kematian Shishov tersebut. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT