01 August 2021, 13:10 WIB

AS akan Bantu Selidiki Serangan terhadap Kapal Tanker Israel


Nur Aivanni | Internasional

AMERIKA Serikat (AS) akan membantu menyelidiki serangan mematikan terhadap sebuah kapal tanker minyak yang dikelola oleh seorang miliarder Israel terkemuka. Hal itu disampaikan Departemen Luar Negeri AS pada Sabtu.

Kapal tanker MT Mercer Street dihantam pada Kamis (29/7) di lepas pantai Oman dalam sebuah insiden. Israel pun menuduh insiden tersebut dilakukan oleh musuh bebuyutannya, Iran.

Dua anggota awak tewas dalam apa yang militer AS dan operator kapal katakan tampaknya merupakan serangan pesawat tak berawak. Pasukan Angkatan Laut AS kemudian datang untuk membantu kapal tersebut setelah serangan itu.

Menurut pernyataan Departemen Luar Negeri, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara dengan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid dan keduanya setuju untuk bekerja dengan sekutu lain untuk menyelidiki fakta, memberikan dukungan, dan mempertimbangkan langkah selanjutnya yang tepat.

Operator kapal Zodiac Maritime, yang dimiliki oleh miliarder Israel Eyal Ofer, mengatakan seorang penjaga keamanan asal Inggris dan seorang anggota awak asal Rumania tewas dalam serangan itu.

Pada Jumat (30/7), Lapid mengatakan dia telah memerintahkan para diplomat negara itu untuk mendorong tindakan PBB melawan terorisme Iran.

"Saya telah menginstruksikan kedutaan besar di Washington, London dan PBB untuk bekerja dengan lawan bicara mereka di pemerintahan dan delegasi terkait di markas besar PBB di New York," kata Lapid di Twitter. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT