26 July 2021, 03:55 WIB

Hukum Gaza, Israel Kurangi Zona Penangkapan Ikan


Mediaindonesia.com | Internasional

ISRAEL pada Minggu (25/7) mengurangi setengah zona penangkapan ikan di lepas Gaza, kata pejabat pertahanan. Ini dilakukan setelah balon pembakar yang diluncurkan dari daerah kantong Palestina menyebabkan kebakaran di negara Yahudi itu.

"Telah diputuskan untuk mengurangi zona penangkapan ikan di Jalur Gaza dari 12 mil laut menjadi enam mil laut," kata cabang militer Israel yang bertanggung jawab atas urusan sipil di wilayah Palestina (COGAT). "Keputusan itu dibuat menyusul peluncuran balon pembakar dari Jalur Gaza ke Israel yang merupakan pelanggaran kedaulatan Israel," katanya dalam pernyataan.

Minggu pagi, petugas pemadam kebakaran Israel mengatakan mereka memadamkan api semak di tiga titik di daerah kecil di wilayah Eshkol. Penyelidikan telah menetapkan penyebabnya yaitu balon pembakar.

Balon menjadi perangkat dasar yang dimaksudkan untuk membakar lahan pertanian di sekitar kantong Palestina yang diblokade Israel. Pada 12 Juli, Israel mengumumkan akan memperluas zona penangkapan ikan di Gaza dan mengizinkan impor tambahan ke wilayah Palestina mengingat ketenangan keamanan baru-baru ini.

Konflik 11 hari di Mei lalu membuat Israel meluncurkan ratusan serangan udara di Gaza dan Hamas menembakkan ribuan roket ke Israel. Sebelum konflik Mei, zona penangkapan ikan Gaza sebesar 15 mil laut.

Baca juga: Israel Tembak Remaja Palestina saat Protes Permukiman Ilegal

Ada kerusuhan sporadis sejak gencatan senjata mengakhiri konflik. Salah satunya balon pembakar diluncurkan dari Gaza dan serangan udara sebagai pembalasan Israel menargetkan fasilitas milik penguasa Hamas di Gaza. Tidak ada korban yang dilaporkan. Sebelumnya balon dari Gaza menyebabkan kebakaran di Israel pada 2 Juli. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT