25 July 2021, 18:20 WIB

Empat Pejuang Taliban Ditangkap Atas Serangan Roket di Afghanistan


Nur Aivanni | Internasional

PASUKAN keamanan Afghanistan menangkap empat pejuang Taliban, termasuk seorang komandan militan. Mereka diduga melakukan serangan roket yang menargetkan Istana Kepresidenan di Kabul pada salat Iduladha.

Setidaknya tiga roket mendarat di dekat Istana Kepresidenan pada Selasa waktu setempat. Kala itu, Presiden Ashraf Ghani dan pejabat tinggi lainnya tengah melakukan salat Iduladha di luar ruangan.

Kementerian Dalam Negeri melaporkan pihak kepolisian telah menangkap empat pejuang Taliban dalam sebuah operasi di Kabul. Mereka diduga berada di balik serangan, yang diklaim oleh kelompok ISIS.

Baca juga: Afghanistan Terapkan Jam Malam untuk Batasi Gerakan Taliban

"Seorang komandan Taliban, Momin, bersama dengan tiga orang lainnya, telah ditangkap. Mereka semua termasuk kelompok Taliban," ujar Juru Bicara Kementerian Mirwais Stanikzai kepada wartawan dalam sebuah pesan video.

Dia menyebut Momin sebagai pelaku utama serangan roket. Kelompok tersebut juga terlibat dalam serangan lain. Tahun lalu, Istana Kepresidenan mengalami serangan di tengah pelantikan Presiden Ghani untuk masa jabatan kedua. Adapun serangan itu juga diklaim oleh ISIS.

Baca juga: Roket Serang Istana Presiden Afghanistan Saat Salat Iduladha

Taliban telah mengumumkan gencatan senjata dalam konflik beberapa tahun terakhir. Serta, menawarkan kelonggaran kepada warga Afghanistan untuk dapat mengunjungi keluarga dengan aman. Namun, tidak ada tawaran seperti itu pada kesempatan ini.

Serangan roket pada Selasa lalu, terjadi ketika Taliban memanfaatkan tahap terakhir penarikan pasukan asing pimpinan Amerika Serikat dari Afghanistan. Taliban diketahui telah merebut sejumlah distrik dan mengepung beberapa ibu kota provinsi.(AFP/OL-11)
 

BERITA TERKAIT