22 July 2021, 08:17 WIB

Perseverance Bersiap Ambil Sampel Batu Mars


Basuki Eka Purnama | Internasional

KENDARAAN Mars Perseverance bersiap mengoleksi sampel batu pertama dari situs sungai purba di planet merah itu saat misi mencari tanda-tanda kehidupan di planet tetangga Bumi itu dimulai. Hal itu dikatakan Badan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA), Rabu (21/7).

Aksi itu diperkirakan akan dilakukan dalam tempo dua pekan di wilayah yang menarik secara ilmiah yaitu Kawah Jezero.

"Ketika Neil Armstrong mengambil sampel dari Sea of Tranquilty, Bulan, 52 tahun lalu, dia memulai proses yang menulis ulang pengetahuan manusia tentang Bulan," ujar Administrator Sains NASA Thomas Zurbuchen.

Baca juga: Academy Museum akan Dibuka dengan Pertunjukan The Wizard of Oz

"Saya juga memperkirakan sampel yang diambil Perseverance di Kawah Jezero dan selanjutnya juga akan melakukan hal itu untuk Mars," lanjutnya.

Perseverance mendarat di Mars pada 18 Februari dan selama musim panas telah bergerak sejauh 1 kilometer ke selatan lokasi pendaratannya.

"Kini, kita melihat lingkungan yang lebih kuno, bahkan miliaran tahun lebih tua," ujar ilmuwan NASA Ken Farley.

NASa meyakini kawah itu dulunya adalah sebuah sungai purba yang terisi dan terkuras sebanyak puluhan kali, menghadirkan kondisi yang bisa menopang kehidupan.

Menganalisa sampel dari lokasi tersebut akan mengungkapkan komposisi kimia dan mineral batuan itu sehingga mengetahui bagaimana batuan itu terbentuk. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT