22 July 2021, 06:03 WIB

Harvey Weinstein Bantah 11 Dakwaan Pemerkosaan di Los Angeles


Basuki Eka Purnama | Internasional

MANTAN petinggi Hollywood Harvey Weinstein, Rabu (21/7), mengaku tidak bersalah di pengadilan Los Angeles atas 11 dawkaan pemerkosaan dan pelecehan seksual terhadap lima perempuan di sebuah hotel di California.

Pelaku pemerkosaan, yang tengah menjalani hukuman penjara selama 23 tahun di New York, diterbangkan ke Los Angeles untuk menghadapi lebih banyak dakwaan pelecehan seksual di kota tempat dia sebelumnya memimpin sejumlah pembuatan film.

Pria berusia 69 tahun, yang terancam hukuman tambahan 140 tahun penjara jika terbukti bersalah di semua dakwaan, dihadirkan untuk mendengarkan dakwaan terbaru baginya.

Baca juga: AS, Jepang dan Korsel Kirim Pesan ke Korut Soal Nuklir

Weinstein hadir di pengadilan menggunakan kursi roda mengenakan jumpsuit cokelat dan masker berwarna biru.

"Dia dengan tegas membantah semua dakwaan terhadap dirinya. Dakwaan itu tidak terbukti, tidak bisa dibuktikan, tidak kredibel, dan tidak bisa diterima," ujar kuasa hukum Weinstein, Mark Weksman, di luar pengadilan.

Weinstein dituding melakukan pelecehan seksual terhadap lima perempuan di Los Angeles antara 2004 dan 2013, ketika mantan aktris Lauren Young menuding produsen Pulp Fiction itu melecehkannya di sebuah hotel di Beverly Hills.

Young telah tampil sebagai saksi dalam kasus di New York yang berujung pada hukuman Weinstein. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT