21 July 2021, 09:36 WIB

Orang Kepercayaan Suu Kyi Meninggal Terpapar Covid-19 di Penjara


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

ORANG kepercayaan pemimpin terguling Myanmar Aung San Suu Kyi dan juru kampanye demokrasi, Nyan Win, meninggal setelah terinfeksi Covid-19 di penjara pada Selasa (20/7).

Nyan Win merupakan seorang anggota senior veteran dan mantan juru bicara partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang berusia 78 tahun.

Dia ditangkap setelah kudeta 1 Februari 2021 menggulingkan NLD dari kekuasaan dan ditahan di penjara Insein Yangon yang terkenal dengan tuduhan penghasutan.

"U Nyan Win ditemukan dengan gejala Covid-19 pada 11 Juli dan dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Yangon untuk mendapatkan perawatan," kata Zaw Min Tun, juru bicara Dewan Administrasi Negara, begitu junta menyebut dirinya.

"Dia meninggal pagi ini (Selasa) jam 9 pagi di rumah sakit,” tambahnya.

Dia menambahkan, Nyan Win memiliki penyakit komorbid yakni hipertensi dan diabetes.

Sebagai seorang politikus veteran yang bekerja pada masalah hak asasi manusia, Nyan Win adalah satu-satunya orang yang diizinkan untuk bertemu dengan Suu Kyi selama rezim junta sebelumnya ketika dia ditahan di bawah tahanan rumah selama 15 tahun.

Dia menjabat sebagai penyalur bagi Suu Kyi saat dia dipenjara, menyampaikan pesan-pesannya dari Burma yang terisolasi ke dunia luar dan para pendukungnya.

"Kami sangat bergantung padanya. Saya sangat sedih kehilangan dia," kata pengacara Khin Maung Zaw, yang merupakan bagian dari tim hukum Suu Kyi.

"Tapi kami akan mengubah kesedihan kami menjadi kekuatan kami untuk bergerak maju,” tambahnya.

Myanmar yang berada dalam kekacauan sejak kudeta, sekarang terkepung di bawah lonjakan kasus Covid-19. Rumah sakit di seluruh negeri menderita kekurangan peralatan medis, tempat tidur, oksigen dan dokter.

Penjara Myanmar juga penuh, karena tindakan keras junta terhadap para pembangkang, aktivis dan politisi NLD, meningkatkan kekhawatiran merebaknya wabah yang fatal di balik jeruji besi.

Juru bicara Zaw Min Tun mengatakan 375 orang di penjara di seluruh negeri telah dinyatakan positif Covid-19. Sekitar 200 dari mereka berada di rumah sakit, termasuk anggota senior NLD Han Thar Myint yang saat ini dalam perawatan intensif.

Wartawan Amerika Danny Fenster juga ditahan di Insein usai ditangkap ketika mencoba meninggalkan Myanmar pada Mei 2021.

Media yang dikelola pemerintah mengatakan bahwa 1,6 juta orang telah divaksinasi di seluruh negeri atau sekitar dua persen dari populasi. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

BERITA TERKAIT