21 July 2021, 05:57 WIB

Jeff Bezos Lakukan Perjalanan ke Luar Angkasa


Basuki Eka Purnama | Internasional

ORANG terkaya di dunia Jeff Bezos, Selasa (20/7), menghabiskan beberapa menit di luar atmosfer Bumi dalam perjalanan pertama Blue Origin, langkah awal dalam program pariwisata luar angkasa yang tertunda selama beberapa tahun.

Penerbangan tanpa cela selama 10 menit dari Texas hingga melewati garis Karman--batas awal luar angkasa yang diakui internasional--sebelum kembali ke Bumi itu membawa empat penumpang.

Bezos, sama seperti para astronaut yang melakukan perjalanan ke luar angkasa, mengaku terkesima dan kagum melihat keindahan Bumi, serta kerapuhan planet tersebut.

Baca juga: Tiongkok Klaim Kereta Levitasi Maglev Tercepat di Dunia

"Melihat Bumi dengan mata kepala sendiri adalah hal yang sangat mengagumkan," ujar Bezos.

Perjalanan Bezos menyusul aksi yang dilakukan pendiri Virgin Galactic Richard Branson yang melakukan perjalanan ke luar angkasa pada 11 Juli lalu.

Namun, target Blue Origin lebih tinggi ketimbang Virgin Galactic yaitu mencapai ketinggian yang lebih tinggi serta memiliki target jangka panjang yang lebih ambisius.

Bezos mendirikan Blue Origin pada 2000 dengan target membentuk koloni di luar angkasa dengan gaya gravitasi buatan yang akan ditempati jutaan orang.

Pesawat New Shepard, yang dinamai dari Alan Shepard, orang Amerika Serikat (AS) pertama yang terbang ke luar angkasa, telah melakukan 15 penerbangan nirawak sebagai uji sebelum menerbangan penumpang pada Selasa (20/7) ini. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT