20 July 2021, 10:37 WIB

Adelaide Di-Lock Down


Basuki Eka Purnama, Nur Aivanni | Internasional

ADELAIDE, Selasa (20/7), menjadi kota terbaru di Australia yang di-lock down saat negara itu berjuang mengatasi penyebaran covid-19.

Negara Bagian South Australia, tempat Adelaide menjadi ibu kota, menyusul Sydney dan Melbourne untuk di-lock down setelah ditemukan lima kasus lokal.

Keputusan itu berarti lebih dari 14 juta Australia kini diharustkan tinggal di dalam rumah saja.

Baca juga: Biden Kembali Desak Warga AS agar Divaksin Covid-19

"Mulai pukul 18.00 hari ini, South Australia di-lockdown," ungkap premier South Australia Steven Marshall sembari mengatakan kebijakan itu berlaku setidaknya selama 7 hari.

"Kami tidak suka memberlakukan pembatasan ini namun kami merasa ini adalah satu-satunya cara untuk mengatasi pandemi covid-19," lanjutnya.

Saat ini, baru 11% dari 25 juta warga Australia yang telah divaksin. Meski begitu, sejauh ini, penyebaran covid-19 berhasil ditekan di negara itu.

Selama beberapa bulan terakhir, pemerintah Australia tengah berjuang keras mengatasi penyebaran covid-19 varian Delta, yang dibawa setelah seorang awak kabin menulari seorang sopir di Sydney.

Virus itu kini telah menyebar lintas perbatasan negara bagian dan menyebabkan sekitar 100 kasua baru per harinya di Australia.

Lockdown di Sydney, yang telah memasuki pekan keempat, sukses menekan angka penyebaran covid-19 namun kasus baru masih terus terjadi.

Kasus covid-19 di Sydney kini berjumlah 1.418 ribu kasus, dengan 78 kasus baru dilaporkan pada Selasa (20/7). (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT