19 July 2021, 07:13 WIB

Merkel Kunjungi Wilayah Jerman yang Dilanda Banjir


Basuki Eka Purnama, Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

KANSELIR Jerman Angela Merkel, Minggu (18/7), mengaku dirinya terkejut melihat kerusakan parah yang terjadi akibat banjir di wilayah barat Jerman, saat jumlah korban tewas akibat bencana alam yang melanda Jerman dan Belgia melewati angka 190 dengan puluhan orang lainnya masih dilaporkan hilang.

Merkel mengatakan dunia harus meningkatkan upaya mengatasi perubahan iklim saat pemanasan global menyebabkan cuaca ekstrem semakin sering terjadi di dunia.

"Kita harus bergegas," tegasnya. "Kita harus lebih cepat dalam perang melawan perubahan iklim."

Baca juga: Korban Meninggal akibat Banjir di Jerman dan Belgia Jadi 170 Orang

Dengan menganakan sepatu boots dan melakukan fist bump dengan pekerja penyelamat, Merkel berjalan melintasi Desa Schlund di Negara Bagian Rhineland-Palatinate, salah satu wilayah yang paling parah dilanda banjir di bagian barat Jerman.

Dia mendengarkan penuturan warga setempat ketika Sungai Ahr meluap dan menyapu rumah-rumah dan meninggalkan kotoran tertimbun di jalanan.

Merkel, yang akan pensiun dari politik selepas pemilu, September mendatang, menggambarkan kerusakan yang terjadi sangat mengejutkan dan berjanji akan memberikan bantuan agar warga bisa membangun kembali kehidupan mereka.

Sedikitnya 160 orang meninggal dunia di Jerman, sejak Rabu (14/7), dalam bencana banjir terparah sepanjang sejarah di negara itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT