18 July 2021, 11:23 WIB

Menteri Kesehatan Inggris Dinyatakan Positif Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

MENTERI Kesehatan (Menkes) Inggris Sajid Javid dinyatakan positif Covid-19, beberapa minggu setelah ditunjuk untuk memimpin respons pemerintah terhadap pandemi dan pada puncak "Hari Kebebasan" virus korona oleh Perdana Menteri Boris Johnson.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Twitter-nya, Javid mengatakan dia merasa agak pusing pada Jumat (16/7) malam dan melakukan tes aliran lateral pada Sabtu (17/7) pagi yang menunjukkan hasil positif. Dia sekarang menunggu konfirmasi laboratorium dari tes PCR.

Javid, 51 tahun, yang mengaku telah divaksinasi penuh, sedang mengasingkan diri di rumah bersama keluarganya. Dia mengatakan gejala yang dirasakannya sangat ringan.

Apa yang disebut "infeksi terobosan" telah dialami oleh beberapa dari miliaran orang yang telah divaksinasi penuh terhadap Covid-19. Dalam kebanyakan kasus, vaksin telah mencegah penyakit parah dan kematian.

Wali Kota London Sadiq Khan adalah salah satu orang yang pertama menanggapi berita Javid, membalas dalam tweet, "Senang mendengar perbedaan yang dapat dibuat oleh kedua suntikan," mengacu pada gejala ringan menteri kesehatan.

Infeksi Javid dapat meredam pencabutan pembatasan covid-19 yang tersisa di Inggris pada hari Senin (19/7) mendatang.

Johnson mendorong pembukaan dengan dukungan Javid, bahkan ketika kasus baru melonjak dan pemerintah menyimpang dari panduan perjalanannya.

Kasus harian yang dilaporkan di Inggris pada hari Jumat (16/7) mencapai 50.000 untuk pertama kalinya sejak awal Januari 2021.

Pemerintah memperkirakan kasus kemungkinan akan mencapai 100.000 pada bulan depan karena varian Delta, yang pertama kali diidentifikasi di India, menyebar dengan cepat.

Lebih dari 65% orang dewasa telah menerima kedua suntikan covid-19, membuat warga usia muda yang tidak divaksinasi sangat rentan terhadap varian Delta.

Jumat (16/7) malam, Inggris menerapkan kembali aturan karantina pada pelancong yang kembali ke Inggris dari Prancis, menambahkan kategori "Amber Plus" baru ke sistem kode warna saat ini.

Pemerintah mengutip kehadiran terus-menerus di Prancis dari varian Beta yang pertama kali diidentifikasi di Afrika Selatan.

Aspirasi Hari Kebebasan Borris Johnson telah dirusak oleh meningkatnya kasus dan efek sampingan seperti sejumlah besar pekerja Inggris yang diminta mengisolasi diri setelah dihubungi oleh aplikasi pelacakan pemerintah.

Bisnis dari toko hingga pabrik mobil melaporkan gangguan minggu ini setelah lebih dari setengah juta orang "di-ping" oleh aplikasi virus korona negara itu.

Pesan juga tetap tidak konsisten, dengan maskapai penerbangan dan bandara Inggris mengatakan pada hari Jumat bahwa penumpang harus terus memakai masker wajah setelah persyaratan pemerintah memberi jalan kepada rezim yang lebih sukarela.

Menteri pada hari Selasa (13/) memposting foto dirinya bertemu dengan warga dan staf di sebuah panti jompo di Streatham, London selatan.

Dia berbicara di Parlemen pada hari yang sama, mengajukan pertanyaan tentang kesehatan dan perawatan sosial.

Javid, mantan Menteri Keuangan diangkat ke pos kesehatan pada 26 Juni setelah Matt Hancock mengundurkan diri.

Hancock berhenti setelah dia tertangkap memeluk seorang pembantu senior di kantornya, melanggar pedoman jarak sosial yang dia bantu buat. (Aiw/Straitstimes/OL-09)

BERITA TERKAIT