13 July 2021, 16:01 WIB

Hotel di Tiongkok Ambruk, 8 Orang Tewas


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

SEBUAH hotel bujet di wilayah timur Tiongkok dilaporkan ambruk pada Senin (12/7) waktu setempat. Pada keesokan harinya, 8 orang dilaporkan tewas dan 9 orang lainnya masih dinyatakan hilang.

“6 orang berhasil diselamatkan dari puing-puing Hotel Siji Kaiyuan, yang runtuh pada Senin sore,” bunyi keterangan resmi pemerintah distrik Wujiang melalui media sosial.

Otoritas berwenang sebelumnya menyatakan 14 orang telah dievakuasi. Namun, kemudian memberikan penghitungan baru setelah analisis dan penyaringan informasi baru lebih lanjut.

Baca juga: Puluhan Negara Prihatin Terhadap Masalah HAM di Tiongkok

Penyelidikan awal menemukan bahwa ambruknya hotel dipicu upaya renovasi tanpa izin. Hal itu diungkapkan Pemerintah Distrik Wujiang, yang menjadi lokasi hotel tersebut.

Hotel Siji Kaiyuan dibuka pada 2018 dan memiliki 54 kamar tamu. Gambar dari tempat kejadian menunjukkan petugas berusaha mencari korban di atas tumpukan besar puing-puing.

Suzhou, kota berpenduduk lebih dari 12 juta orang, merupakan tujuan populer bagi wisatawan yang tertarik dengan kanal dan taman berusia berabad-abad. Bangunan runtuh atau kecelakaan kerap terjadi di Tiongkok. Mayoritas disebabkan standar konstruksi yang lemah atau praktik korupsi.

Baca juga: Jalur Kereta Metro Ambruk Tewaskan 24 Orang di Meksiko

Runtuhnya sebuah hotel karantina di kota Quanzhou, wilayah selatan Tiongkok, pada Maret lalu, telah menewaskan 29 orang. Otoritas berwenang menemukan tiga lantai telah ditambahkan secara ilegal ke struktur bangunan empat lantai tersebut.

Lalu, pada Mei, otoritas berwenang mengevakuasi salah satu gedung pencakar langit tertinggi di Tiongkok, yakni SEG Plaza, setelah berguncang beberapa kali selama beberapa hari.(Straitstimes/OL-11)

BERITA TERKAIT