13 July 2021, 15:53 WIB

Jepang akan Kirim Bantuan Vaksin ke Taiwan dan Negara Tetangga Asia


Atikah Ishmah Winahyu |

JEPANG akan memberikan bantuan tambahan vaksin covid-19 AstraZeneca ke Taiwan dan tetangga Asia lainnya dalam minggu ini.

"Jepang akan mengirimkan satu juta dosis (vaksin) masing-masing ke Indonesia, Taiwan dan Vietnam, pada Kamis sebagai bagian dari kesepakatan bilateral dengan pemerintah tersebut," kata Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi kepada wartawan, Selasa (13/7).

"Tambahan 11 juta dosis yang disumbangkan melalui skema pembagian Covax akan dikirim bulan ini ke Bangladesh, Kamboja, Iran, Laos, Nepal, dan Sri Lanka, serta berbagai negara kepulauan Pasifik," imbuhnya.

Kementerian Luar Negeri Taiwan mengucapkan terima kasih atas langkah tersebut, terutama Jepang yang tengah menghadapi tahap serius dalam pertempuran dengan virus korona. Jepang telah menyumbangkan sekitar 3,4 juta dosis ke Taiwan sebagai bentuk dukungan.

"Persahabatan antara Taiwan dan Jepang tidak tergoyahkan," kata Kementerian Taiwan dalam pernyataan. "Kementerian Luar Negeri sekali lagi berterima kasih kepada mitra kami dalam kebebasan dan demokrasi atas bantuan hangat dan dukungan kuat mereka,” imbuhnya.

Dalam pernyataan, Vietnam mengatakan akan menerima satu juta dosis dari Jepang pada Jumat di pusat bisnis Kota Ho Chi Minh. Negara itu tengah memerangi wabah terbesarnya setelah berbulan-bulan berhasil menahannya.

"Sangat menggembirakan bahwa sejumlah negara kaya telah memberikan janji dan sumbangan vaksin yang murah hati ke negara-negara di Asia dalam beberapa pekan terakhir," kata Alexander Matheou dari kelompok bantuan Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah. "Kita perlu mempercepat pengiriman dosis yang menyelamatkan jiwa ini sehingga kita bisa membawanya ke tangan orang-orang, memberi kita kesempatan untuk mengatasi pandemi ini sekali dan untuk selamanya," tambahnya.

Taiwan telah mengeluh bahwa campur tangan Tiongkok memblokir kesepakatannya tahun ini untuk mengamankan vaksin dari BioNTech Jerman. Sejak itu, sumbangan vaksin telah mengalir ke Taiwan. Wabah covid-19 domestik Taiwan yang relatif kecil umumnya terkendali, kecuali untuk beberapa infeksi komunitas sporadis.

 

Jepang telah menjanjikan US$1 miliar dan 30 juta dosis vaksin untuk Covax. Motegi mengatakan pada Selasa bahwa dosis AstraZeneca yang dibuat di Jepang telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia pada 9 Juli untuk digunakan di Covax. (Straitstimes/OL-14)

BERITA TERKAIT