07 July 2021, 17:37 WIB

Iran: Ada Pertemuan Pemerintah Afghanistan dan Taliban di Teheran


Nur Aivanni | Internasional

KEMENTERIAN Luar Negeri Iran menyatakan delegasi pemerintah Afghanistan melakukan pertemuan dengan perwakilan Taliban di Teheran pada Rabu waktu setempat.

Wakil Kepala Negosiator Sher Mohammad Abbas Stanikzai memimpin delegasi Taliban. Sementara itu, Mantan Wakil Presiden Younus Qanooni mewakili pemerintah Afghanistan.

Saat membuka pembicaraan tersebut, Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif menyambut baik kepergian Amerika Serikat (AS) dari perbatasan wilayah timur. "Hari ini rakyat dan pemimpin politik Afghanistan harus membuat keputusan sulit untuk masa depan mereka," ujarnya memperingatkan.

Baca juga: Pasukan Taliban Rebut Distrik Penting di Kandahar

Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengonfirmasi kunjungan Stanikzai ke Teheran. Pertemuan itu dikatakannya untuk membahas sejumlah isu yang menjadi kepentingan bersama.

Namun, dia enggan menyebutkan delegasi pemerintah Afghanistan. Serta, hanya mengatakan bahwa Stanikzai sedang mengadakan pembicaraan dengan beberapa tokoh Afghanistan.

"Mereka akan berdiskusi dan bertukar pendapat tentang situasi negara saat ini. Berikut, mencari solusi lewat pembicaraan," jelas Mujahid.(AFP/OL-11)

 

 

 

BERITA TERKAIT