05 July 2021, 20:19 WIB

Nasib Istri Pertama akibat Nikah Misyar di Saudi


Nur Aivanni | Internasional

SELAIN berdampak negatif kepada perempuan yang dinikahi secara Misyar, hubungan jenis ini juga berefek kepada istri yang tercatat secara resmi. Perkembangan praktik Misyar membuat para istri di Saudi dipaksa untuk menutup mata pada petualangan para suaminya.

Fahad Almuais, seorang mak comblang Misyar, mengatakan kliennya kebanyakan berpoligami tanpa mengungkap itu kepada keluarganya. Misalnya, seorang pegawai pemerintah Saudi yang menyembunyikan hubungan Misyarnya dari istri pertamanya.

Ketika sang pegawai mulai menghilang secara rutin setiap akhir pekan, sang istri mulai curiga. Namun, seorang tetangga menyarankannya untuk tetap diam.

"Dia menikah secara Misyar agar tidak membuat (hidupmu) seperti neraka," kata Almuais, mengutip ucapan tetangga kepada istri pegawai itu, dikutip dari portal berita online Thmanyah.

"Bersabarlah dan biarkan dia pergi untuk akhir pekan dan sisa hari dia milikmu," lanjut si tetangga, ditirukan oleh Almuais.

 

Walau tak sebanding dengan kerugian yang diderita sebagian besar perempuan, praktik Misyar memberi sedikit keuntungan bagi kaum hawa dengan kasus khusus. Misalnya, hubungan sejenis itu bisa jadi pelarian singkat dari perempuan yang belum juga menikah di usia matang. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT