25 June 2021, 09:09 WIB

Venezuela Beli 12 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Buatan Kuba


Basuki Eka Purnama | Internasional

PEMERINTAH Venezuela, Kamis (24/6), mengumumkan telah menandatangani kontrak untuk membeli 12 juta dosis vaksin covid-19 buatan Kuba yang disebut memiliki efektivitas 92%. Namun, pembelian itu masih menunggu persetujuan otoritas kesehatan setempat.

Vaksin Abdala telah menyelesaikan uji klinis fase ketiga namun belum mendapatkan persetujuan dari otoritas kesehatan Kuba maupun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Kami sangat berterima kasih karena vaksin ini dimasukkan dalam kampanye imunisasi Venezuela. Kami telah meneken kontrak untuk mendapatkan 12 juta vaksin Abdala yang akan diterima dalam beberapa bulan ke depan," ujar Wakil Presiden Venezuela Delcy Rodriguez.

Baca juga: Morgan Stanley Wajibkan Karyawannya Divaksin Covid-19

Rodriguez hadir di Bandara Internasional Maiquetia, di luar Kota Caracas, untuk menerima dosis pertama vaksin Abdala bersama Duta Besar Kuba untuk Caracas Dagoberto Rodriguez.

"Jutaan dosis lagi akan segera tiba di Venezuela," ujar seorang pejabat Venezuela tanpa menyebut jumlah kloter vaksin pertama itu.

Perusahaan farmasi nasional Kuba BioCubaFarma, Senin (21/6), mengumumkan vaksin covid-19 Abdala memiliki efektivitas 92% mengatasi covid-19.

Jika disetujui, vaksin itu akan menjadi vaksin covid-19 pertama yang diciptakan dan diproduksi di Amerika Latin. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT