22 June 2021, 16:34 WIB

Kuba Buat Vaksin Covid-19 Abdala dengan Efektivitas 92%


Lidya Tannia Bangguna | Internasional

PEMBUAT vaksin covid-19 Abdala dari Kuba mengatakan pada Senin (21/6) bahwa vaksin tersebut menunjukkan kemanjuran lebih dari 92% setelah pemberian tiga dosis. Namun tidak ada keterangan tentang pengukuranya terhadap infeksi, penyakit, atau kematian.

Diketahui, Kuba sedang mengerjakan lima vaksin covid-19. Bulan lalu pemerintah mulai mengimunisasi penduduknya menggunakan dua di antaranya untuk menyelesaikan uji klinis.

Laboratorium BioCubaFarma menuliskan di akun Twitternya pada Senin bahwa vaksin Abdala ialah salah satu dari dua yang sudah digunakan dan menunjukkan kemanjuran sebesar 92,28% dalam skema tiga dosisnya. Organisasi Kesehatan Dunia telah menetapkan ambang batas kemanjuran 50% untuk vaksin virus korona.

Pengumuman itu muncul dua hari setelah pihak berwenang mengumumkan bahwa Soberana 2, suntikan tiga dosis lain yang sedang dikembangkan di Kuba, disebut 62% efektif setelah dua suntikan pertama. Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel menyambut baik berita itu sebagaipencapaian yang akan melipatgandakan kebanggaan di negara kepulauan komunis itu.

Baru-baru ini dalam kasus infeksi covid-19 di Kuba mencatat salah satu hari terburuknya pada Senin (21/6) dengan 1.561 infeksi yang dikonfirmasi dalam 24 jam. Hingga saat ini, terdapat lebih dari 169.000 kasus dan 1.170 kematian di Kuba.

Di bawah sanksi Amerika, Kuba memiliki tradisi panjang membuat vaksin sendiri seja 1980-an. Hampir 80% vaksinnya diproduksi secara lokal dan diharapkan dapat menghasilkan suntikan virus korona pertama yang diproduksi secara lokal di Amerika Latin. (OL-14)

BERITA TERKAIT