12 June 2021, 10:08 WIB

AS Berikan Tambahan Bantuan US$150 Juta untuk Militer Ukraina


Basuki Eka Purnama | Internasional

PENTAGON, Jumat (11/6), mengumumkan paket bantuan militer baru sebesar US$150 juta untuk Ukraina, beberapa hari sebelum pertemuan tingkat tinggi antara Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa.

Bantuan militer, yang mencakup sistem radar, pesawat nirawak, dan peralatan komunikasi itu di luar bantuan senilai US$125 juta yang diumumkan, Maret lalu.

Dengan bantuan kedua itu, pemerintahan Biden telah menggelontorkan seluruh dana bantuan militer untuk Ukraina yang disetujui Kongres AS untuk tahun anggaran 2021.

Baca juga: Aksi Trump Mata-Matai Anggota DPR AS Picu Kemarahan

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan bantuan itu diberikan untuk membantu militer Ukraina mempertahankan kedaulatan wilayah mereka dan memperbaiki hubungan dengan NATO.

"Departemen Pertahanan AS terus mendesak Ukraina melakukan reformasi agar sejalan dengan prinsip dan stadar NATO," ujar Kirby.

Uni Eropa dan NATO mendukung Ukraina sejak wilayah mereka, Krimea, dicaplok oleh Rusia pada 2014. Namun, di saat bersamaan, keduanya mendesak Ukraina untuk melakukan reformasi politik dan ekonomi. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT