09 June 2021, 20:45 WIB

Saudi Ingin Jalin Kerja Sama Digital dengan RI


Nur Aivanni | Internasional

PADA Rabu (9/6) ini, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate bertemu dengan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Essam bin Abed Al Thaqafi.

Dalam pertemuan tersebut, Saudi meminta Indonesia untuk membuka komunikasi terkait kerja sama multilateral di bidang digital. "Tahun ini, Kerajaaan Saudi minta membuka komunikasi baru untuk melanjutkan pembicaraannya," ungkap Johnny saat dihubungi Media Indonesia, Rabu (9/6).

Baca juga: Kedutaan Arab Saudi Klarifikasi Terkait Haji Tahun Ini

Pada tahun lalu, lanjut dia, Saudi meminta Indonesia untuk menjadi bagian dari pendiri Digital Cooperation Organization (DCO). Hal itu mengingat posisi Indonesia yang strategis dan penting.

Pemerintah Indonesia pun menyambut baik kerja sama multilateral tersebut. Namun, fokus Indonesia pada tahun lalu mengarah pada upaya pemulihan ekonomi dan penanganan pandemi covid-19.

"Karena kebijakan kita masih fokus di situ, mereka meminta agar kita tetap membuka komunikasi di tingkat teknis. Sedangkan di tingkat kebijakannya, nanti dengan Kementerian Luar Negeri," imbuh Johnny.

Baca juga: Warga Arab Saudi Sudah Divaksin Boleh Pergi ke Luar Negeri

Diketahui, DCO didirikan oleh sekelompok negara yang memiliki kepentingan sama dalam kolaborasi untuk mewujudkan potensi digital. Sejumlah negara yang dimaksud ialah Arab Saudi, Yordania, Kuwait, Bahrain dan Pakistan.

Selain itu, Saudi juga meminta agar kerja sama di bidang digital yang sudah dibangun negara G20 agar dilanjutkan. Ketika menjadi presidensi G20 pada 2022, Indonesia akan mengusulkan hal tersebut untuk meningkatkan peran Digital Economy Task Force (DETF) di KTT G20.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT