09 June 2021, 16:18 WIB

Berat Badan Kim Jong-un Turun, Berbagai Spekulasi Muncul


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

FOTO terbaru Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memicu banyak spekulasi terkait masalah kesehatannya. Sebab, sejumlah foto terbaru menunjukkan Kim mengalami penurunan berat badan.

Kim, yang tubuhnya menarik perhatian global sejak menjadi Pemimpin Korea Utara hampir satu dekade lalu, tampak lebih ramping dalam foto yang dirilis media pemerintah.

NK News, yang menganalisis sejumlah foto Kim saat berpidato di pertemuan politik partai yang berkuasa akhir pekan lalu, menilai Kim telah kehilangan berat badan yang signifikan.

Baca juga: Istri Kim Jong-un Kembali Muncul di Hadapan Publik

Pada Selasa waktu setempat, situs web yang berbasis di Seoul menerbitkan gambar yang menunjukkan bahwa Kim yang diyakini berusia 37 tahun, telah mengencangkan tali jam tangan favoritnya. Jam tangan itu diperkirakan memiliki nilai US$12.000.

Diketahui, Kim berjuang dengan kondisi kesehatan yang dikaitkan dengan berat badan dan gaya hidupnya. “Badan intelijen nasional Korea Selatan mengatakan kepada anggota parlemen pada tahun lalu. Bahwasanya mereka percaya Kim memiliki berat 140 kg,” bunyi laporan NK News.

Sejauh ini, belum jelas apakah perubahan penampilan Kim akibat dari penyakit atau keputusan untuk menurunkan berat badan. Kepada NK News, seorang analis berpendapat Kim mungkin telah memutuskan untuk menurunkan berat badan di tengah krisis yang dialami Korea Utara.

Baca juga: Kim Jong-un Akui Sebagian Besar Kebijakan Ekonominya Gagal

Korea Selatan diketahui sedang berjuang melawan kekurangan pangan dan krisis ekonomi yang dipicu penurunan dramatis dalam perdagangan dengan Tiongkok selama pandemi covid-19. Berikut, serangkaian bencana alam dan sanksi internasional sebagai tanggapan terhadap program nuklir dan rudal balistik di Korea Utara.

Kesehatan Kim sering menjadi sumber spekulasi. Pada 2014, dia sempat menghilang dari publik selama hampir enam minggu, sebelum akhirnya muncul dengan tongkat. Beberapa hari kemudian, agen mata-mata Korea Selatan mengklaim Kim telah menjalani operasi untuk menghilangkan kista dari pergelangan kakinya.(Guardian/OL-11)

 

 

 

BERITA TERKAIT