08 June 2021, 21:26 WIB

Sejumlah Situs Berita Global Tumbang Berjamaah


Insi Nantika jelita | Internasional

SEJUMLAH situs web berita ternama seperti New York Times, Guardian, Reddit, Bloomberg dan lainnya dilaporkan tidak bisa diakses alias down secara berjamaah pada Selasa (8/6).

Sebuah kesalahan di perusahaan layanan cloud yang berbasis di Amerika Serikat, Fastly diduga berada di balik gangguan jaringan tersebut. 

Sebelumnya, surat kabar Inggris Guardian mengatakan situs web dan aplikasinya terpengaruh oleh pemadaman internet yang lebih luas. Situs web ritel Amazon.com Inc (AMZN) juga dikabarkan sempat tidak aktif. 

Bahkan, Jaksa Agung Inggris pun mencuit, bahwa situs utama pemerintahan negara itu, gov.uk juga ikut down.

Baca juga : 27 Orang di India Tewas Disambar Petir

Fastly mengatakan bahwa masalah telah diidentifikasi dan perbaikan telah diterapkan. "Pelanggan mungkin mengalami peningkatan beban saat layanan global kembali," sebutnya dilansir Business Today, Selasa (8/6).

Jaringan Media Al Jazeera yang berbasis di Qatar juga mengaku turut mengalami hal yang serupa. Lalu, surat kabar Prancis, Le Monde mulai menampilkan pesan kesalahan yang muncul di situs web sekitar pukul 10.00 waktu setempat pada hari ini 

Media BBC dan The New York Times juga sempat tidak dapat diakses, tetapi kemudian pulih kembali. Pesan seperti "kesalahan 503 layanan tidak tersedia" dan "kegagalan koneksi" muncul. (Business Today/Al Jazeera/OL-7)

BERITA TERKAIT