08 June 2021, 16:53 WIB

Parlemen Israel Berikan Suara Koalisi Baru, Akhir Pekan ini


Nur Aivanni | Internasional

PARLEMEN Israel gelar pemungutan suara pada Minggu (13/6) terkait pengesahan koalisi pemerintahan baru bertujuan untuk mengakhiri masa jabatan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Hal itu disampaikan oleh Ketua Knesset Yariv Levin pada Selasa.

"Debat dan pemungutan suara tentang pemerintahan baru akan berlangsung pada Minggu, 13 Juni 2021 selama sesi khusus parlemen," kata Levin, sekutu Netanyahu, dalam sebuah pernyataan.

Jika pemungutan suara penting itu mengonfirmasi aliansi delapan partai tersebut, itu akan menjadi akhir dari sebuah era, setelah Netanyahu mendominasi politik Israel selama lebih dari satu dekade.

Baca juga : Junta Myanmar Abaikan Lima Konsensus yang Diajukan ASEAN

Petahana veteran itu telah menghabiskan seminggu terakhir untuk mencoba menggagalkan aliansi yang melawan dia, yang dipersatukan hanya oleh permusuhan terhadap pemerintahannya. Dia juga telah mendesak orang-orang sayap kanan dalam jajarannya untuk menolak pemerintah sayap kiri yang berbahaya tersebut.

Blok anti-Netanyahu mencakup tiga partai sayap kanan, dua partai sentris dan dua partai sayap kiri, bersama dengan partai konservatif Islam Arab.

Jika pemerintahan baru itu dikonfirmasi, lawan Netanyahu, Naftali Bennett, akan menjabat sebagai perdana menteri selama dua tahun ke depan, setelah itu akan diambil alih oleh Yair Lapid. (AFP/OL-2)

 

BERITA TERKAIT