08 June 2021, 09:30 WIB

Biden Undang Presiden Ukraina ke Gedung Putih


Nur Aivanni |

PRESIDEN Joe Biden menegaskan kembali dukungan AS untuk integritas wilayah Ukraina pada Senin, setelah pergerakan pasukan Rusia di perbatasannya, dan mengundang Presiden Volodymyr Zelensky ke Gedung Putih.

Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa Biden berbicara melalui telepon dengan Zelensky, dengan mengatakan kepadanya bahwa dia akan membela kedaulatan Ukraina dan berharap untuk menyambutnya di Gedung Putih musim panas ini.

Baca juga: AS Masih Tidak Yakin Iran akan Patuhi Kesepakatan Nuklir

Undangan untuk berkunjung pada Juli itu menandai dukungan untuk Ukraina menjelang KTT Biden dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Jenewa pekan depan.

Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan para pemimpin telah membahas nilai-nilai demokrasi bersama dan aspirasi Euro-Atlantik Ukraina.

Dia mengatakan Biden menegaskan komitmen teguh Amerika Serikat terhadap kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina dalam menghadapi agresi Rusia yang sedang berlangsung di Donbas dan Krimea.

Dalam sebuah pernyataan, Zelensky menerima undangan tersebut. Dia mengatakan bahwa dalam panggilan telepon mereka, Biden telah menegaskan kembali dukungan untuk menyediakan jalur bagi Ukraina untuk bergabung dengan NATO. Zelensky juga mengucapkan terima kasih atas rencana AS untuk memasok 900.000 dosis vaksin covid-19 ke Ukraina.

Pemerintahan Biden telah menyatakan dukungan kuat untuk Kiev saat menghadapi separatis sekutu Rusia dan melihat peningkatan pasukan Rusia pada April di sepanjang perbatasan timurnya dan di Krimea, wilayah Ukraina yang direbut tujuh tahun lalu oleh Moskow.

Pergerakan kendaraan lapis baja berat dan sekitar 100.000 tentara atau lebih ke perbatasan Ukraina mengirim peringatan melalui NATO atas kekhawatiran bahwa Rusia mungkin bersiap untuk menyerang Ukraina dengan kedok melakukan latihan militer. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT