06 June 2021, 23:40 WIB

Polisi Israel Tangkap Aktivis Perempuan Palestina


Mediaindonesia.com | Internasional

POLISI Israel pada Minggu (6/6) menangkap seorang aktivis terkemuka yang menentang ancaman pengusiran keluarga Palestina dari rumah-rumah di lingkungan Sheikh Jarrah di Jerusalem timur yang dicaplok Israel.

Polisi membawa Mona el-Kurd, 23, pergi untuk diinterogasi dan meninggalkan surat panggilan untuk saudara kembarnya, Muhammad. Ini dikatakan ayah mereka kepada AFP sehari setelah polisi menahan seorang jurnalis Al Jazeera yang meliput demonstrasi di dekatnya.

Pengacara keluarga, Nasser Odeh, mengatakan polisi mendakwa Mona el-Kurd dengan tindakan yang mengganggu perdamaian dan ketertiban dan tindakan rusuh. Dalam rekaman yang dibagikan secara luas di media sosial, dia diborgol dan dibawa oleh petugas keluar dari rumah keluarganya di Sheikh Jarrah.

Perjuangannya telah mengkristalkan kemarahan Palestina atas gerakan permukiman Israel. Protes di Sheikh Jarrah menyebar awal bulan lalu ke kompleks masjid Al-Aqsa di kota itu. Ini memicu tindakan keras oleh pasukan keamanan Israel terhadap warga Palestina di sana yang semakin mengobarkan ketegangan.

Hamas, kelompok Islam yang menguasai kantong Palestina di Gaza, menanggapi dengan meluncurkan tembakan roket ke arah Israel pada 10 Mei, memicu perang 11 hari antara negara Yahudi dan militan Palestina.

 

Sementara Palestina dan pendukung mereka melihat masalah ini sebagai mikrokosmos dari konflik yang lebih luas atas tanah, pemukim Yahudi dan pendukung mereka telah melabelinya sebagai sengketa properti yang harus diputuskan oleh pengadilan Israel. (OL-14)
BERITA TERKAIT