28 May 2021, 19:56 WIB

Iran Sebut Kemenangan Assad Damaikan Perang Saudara Suriah


Mediaindonesia.com |

SEKUTU utama pemerintah Suriah, Iran, mengucapkan selamat kepada Presiden Bashar al-Assad, Jumat (28/5), atas kemenangan telaknya dalam pemilihan umum, menggambarkannya sebagai langkah besar menuju pemulihan perdamaian setelah satu dekade perang saudara.

Hasil resmi yang diumumkan Kamis (27/5) malam memberi Assad lebih dari 95% suara dalam pemilihan Rabu (26/5) yang diadakan di daerah-daerah yang dikuasai pemerintah. Ini memperluas cengkeramannya pada kekuasaan untuk masa jabatan keempat.

"Republik Islam Iran mengucapkan selamat kepada Presiden Assad dan rakyat Suriah yang tangguh atas kemenangan menentukan mereka dalam pemilihan ini," kata Kementerian Luar Negeri Iran dalam pernyataan.

"Penyelenggaraan pemilu yang sukses dan jumlah pemilih yang besar oleh rakyat Suriah menandai langkah besar dalam membangun perdamaian."

 

Sekutu penting Assad lain, Rusia, juga mengucapkan selamat kepadanya, Jumat. Rusia memuji kemenangan yang menentukan sebagai langkah penting menuju penguatan stabilitas internal. (AFP/OL-14)

BERITA TERKAIT