27 May 2021, 07:42 WIB

Lebih dari 150 Orang Hilang akibat Kapal Tenggelam di Nigeria


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

LEBIH dari 150 orang hilang dan dikhawatirkan tenggelam di barat laut Nigeria usai kapal yang mengangkut penumpang ke pasar tenggelam di Sungai Niger.

Kapal itu sedang melakukan perjalanan antara negara bagian tengah Niger dan Wara di negara bagian Kebbi barat laut ketika tenggelam, menurut manajer lokal Otoritas Saluran Air Pedalaman Nasional Yusuf Birma.

"Kapasitas kapal tidak sampai 180 penumpang yang diangkutnya," kata Birma.

"Saat kami berbicara, hanya 20 orang yang telah berhasil diselamatkan, empat tewas dikonfirmasi sementara 156 orang lainnya masih hilang dan mereka diyakini berada di bawah air," imbuhnya.

Pejabat lain sebelumnya mengatakan sekitar 140 orang hilang setelah bencana yang terjadi Rabu pagi itu.

Tragedi perahu biasa terjadi di perairan Nigeria sebagian besar karena kepadatan yang berlebihan, cuaca buruk dan kurangnya perawatan, tetapi korban pada kecelakan Rabu ini akan menjadi salah satu kecelakaan paling mematikan baru-baru ini.

"Kapal yang terlibat adalah perahu kayu yang sudah tua dan sangat lemah tetapi orang-orang ini (nakhoda) tidak mau mendengarkan ketika kami membuat mereka peka untuk mengurangi jumlah penumpang yang mereka bawa di perahu mereka," jelas Birma.

Dia mengatakan penumpang sedang menuju ke pasar di Malele di wilayah pemerintah lokal Borgu di negara bagian Niger, ketika kapal tenggelam setelah satu jam perjalanan.

Administrator distrik setempat Abdullahi Buhari Wara sebelumnya menilai kecelakaan itu terjadi karena kelebihan muatan karena kapal itu dimaksudkan untuk mengangkut tidak lebih dari 80 penumpang. “Kapal itu juga memuat karung pasir dari tambang emas,” katanya.

Sementara itu, seorang korban selamat, Buhari Abubakar, mengatakan sejauh ini sekitar 40 orang telah diselamatkan, meskipun banyak penumpang lainnya, kebanyakan perempuan dan anak-anak, masih hilang.

Lima mayat ditemukan pada Rabu malam, meskipun penduduk setempat berharap lebih banyak yang ditemukan dalam beberapa hari mendatang, menurut Qasimu Umar Wara, seorang warga Wara. "Perahu itu kelebihan muatan,” katanya.

"Saudaraku termasuk di antara mereka yang hilang. Ini kecelakaan kapal terburuk yang pernah terjadi di perairan ini,” tambahnya.

Niger adalah sungai utama Afrika barat yang mengalir dalam bentuk bulan sabit melalui Guinea ke delta Niger di Nigeria dan merupakan rute perdagangan lokal utama untuk beberapa negara. (Straitstimes/The Guardian/OL-13)

Baca Juga: Gunung Nyiragongo Meletus 20 Ribu Orang Kongo Kehilangan Rumah

BERITA TERKAIT