16 April 2016, 00:01 WIB

Menteri Spanyol Mundur Diduga Terkait Bisnis Offshore


Antara |

PEJABAT Menteri Industri Spanyol Jose Manuel Soria mengatakan pada Jumat (15/4) bahwa ia mengundurkan diri setelah diduga terkait dengan bisnis offshore sehingga namanya tercantum dalam 'Panama Papers'.

Soria membantah bahwa ia telah melakukan kesalahan, tetapi ia mengundurkan diri untuk membatasi gangguan terhadap pemerintahan sementara Partai Rakyat (PP), setelah pengungkapan dugaan hubungan dengan sebuah perusahaan offshore Pulau Jersey, Inggris.

Pengunduran diri itu terjadi pada saat Spanyol menghadapi kemungkinan pemilihan umum kedua pada Juni mendatang setelah pemungutan suara pada Desember 2015 belum rampung.

Dalam pemilihan-pemilihan umum paling akhir, PP memperoleh suara cukup memadai, kendati serangkaian skandal korupsi yang melibatkan para politisi regional tahun ini. Sementara para pemilih bosan dengan kegagalan partai-partai sayap kiri untuk mengesampingkan perbedaan-perbedaan membentuk pemerintahan koalisi.

Kebocoran-kebocoran dari firma hukum Mossack Fonseca telah mempermalukan beberapa pemimpin dunia.

Sebelumnya, Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson mundur awal bulan ini setelah dokumen-dokumen yang terkait dengannya ke sebuah perusahaan offshore.

Soria membantah keterlibatannya dalam sebuah perusahaan offshore yang diungkapkan Panama Papers setelah dua media Spanyol melaporkan mereka memiliki dokumen yang membuktikan dia memimpin sebuah perusahaan offshore bersama dengan saudaranya. (Ant/OL-5)

BERITA TERKAIT