19 May 2021, 09:46 WIB

Gara-Gara Covid-19, Menkes Ukraina Dipecat


Basuki Eka Purnama | Internasional

PARLEMEN Ukraina, Selasa (18/5), memecat Menteri Kesehatan Maksym Stepanov karena dianggap gagal mengatasi krisis covid-19 di negara itu.

Ukraina, yang merupakan salah satu negara termiskin di Eropa dengan sistem kesehatan yang buruk, terhantam parah oleh pandemi dan lambat menggelar kampanye vaksinasi covid-19.

Sebanyak 292 anggota DPR, dari 226 yang dibutuhkan, memilih untuk memecar Stepanov, yang ditunjuk sebagai menteri kesehatan pada Maret 2020.

Baca juga: Ingin Gunakan Transportasi Publik di Saudi? Harus Sudah Divaksin

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal, yang mengusulkan pemecatan Stepanov, mengatakan kepada parlemen bahwa Stepanov bertanggung jawab atas lambatnya kampanye vaksinasi.

Sejak awal pandemi, negara berpenduduk 40 juta jiwa itu telah melaporkan lebih dari 2,1 juta infeksi covid-19 dan lebih dari 48 ribu kematian.

Ukraina menggelar kampanye vaksinasi covid-19 pada Februari, lebih telat dibandingkan negara Eropa lainnya, dan sejauh ini kurang dari 950 ribu orang telah menerima dosis pertama.

"Iya, semuanya tidak ideal. Bahkan, jauh dari ideal," ujar Stepanov di hadapan DPR Ukraina, sembari menuding produser dan pemasok vaksin sebagai penyebab lambatnya kampanye vaksinasi di negara itu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT