18 May 2021, 11:26 WIB

Topan Tauktae Landa Pantai Barat India, 20 Orang Dilaporkan Tewas


mediaindonesia.com | Internasional

TOPAN besar menghantam India pada Selasa (18/5), dengan angin kencang dan hujan deras yang menyebabkan sedikitnya 20 orang tewas.

Di tengah gelombang 'tsunami' kasus Covid-19, dengan serangan topan besar, pemerintah India pun terpaksa menghentikan program vaksinasi Covid-18 yang sangat dibutuhkan negara itu dalam upaya mengendalikan wabah Covid-19.

Topan besar yang dinamai ‘Tauktae’ menghantam sebagian besar wilayah India. Topan telah memicu mengirimkan gelombang besar menghantam pantainya, mengubah jalan-jalan menyerupai sungai, dan memaksa ratusan ribu orang mengungsi.

Sebelumnya, pusaran besar pernah melanda beberapa wilayah dalam beberapa dekade terakhir. Pusaran besar yang memicu topan telah merenggut banyak nyawa di Kerala, Goa, Maharashtra dan Gujarat. Topan yang menerjang menyapu rumah-rumah dan menumbangkan pohon serta tiang listrik.

Terkait terpan topan Tauktae, otoritas Mumbai pun terpaksa menutup bandara dan mendesak orang untuk tinggal di dalam rumah.

Tak hanya itu, Mumbai memindahkan sekitar 600 pasien Covid-19 di rumah sakit lapangan "ke lokasi yang lebih aman".

Sementara itu, permukaan laut membengkak setinggi tiga meter (10 kaki) di dekat kota tepi laut, Kota Diu.

Dua kapal angkatan laut dikerahkan untuk membantu dalam operasi pencarian dan penyelamatan untuk sebuah tongkang yang membawa 273 orang yang terapung-apung di lepas pantai Mumbai. Kementerin Pertahanan India mengatkan, Senin (17/5) malam, 28 orang telah diselamatkan.

Topan Tauktae yang merupakan badai siklon melanda Gujarat pada Senin (17/5) dan kembali bergerak pada Selasa (18/5). Topan Tauktae berhembus dengan kecepatan hingga 185 kilometer (115 mil) per jam. (AFP/OL-09)

 

BERITA TERKAIT