17 May 2021, 07:07 WIB

Menlu Tiongkok Kecam AS yang Memveto Pernyataan PBB Soal Israel


Basuki Eka Purnama | Internasional

TIONGKOK, Minggu (16/5), mengecam Amerika Serikat yang memveto pernyataan Dewan Keamanan (DK) PBB terkait kekerasan Israel-Palestina sembari menyerukan peningkatan upaya internasional untuk meredam pertikaian darah.

"Sangat disayangkan, hanya karena ulah satu negara, Dewan Keamanan PBB tidak bisa mengeluarkan suara apa pun," ujar Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, yang negaranya tengah memegang kepemimpinan DK PBB, dalam peretamuan virtual.

"Kami menyerukan kepada AS untuk bertanggung jawab," imbuhnya.

Baca juga: JAMMI Apresiasi Sikap Tegas DPR RI Kecam Penyerangan Israel

AS, sekutu utama Israel, menunda pertemuan DK pada pekan lalu dan terlihat jelas tidak berniat membiarkan DK PBB mengeluarkan pernyataan.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengaku bekerja di belakang layar dan pernyataan DK PBB bisa menggagalkan upaya mereka.

Pemerintah AS, dalam pernyataan resmi mereka, mengatakan Israel berhak membela diri terhadap serangan roket yang ditembakkan Hamas, meski meminta 'Negeri Zionis' itu menahan diri.

Wang meminta Israel dan Palestina segera melakukan gencatan senjata dan meminta DK PBB segera mengambil langkah tegas, termasuk mendorong penyelesaian dua negara.

Wang kemudian mengatakan Tiongkok, yang tengah melebarkan pengaruhnya di dunia, siap menjadi tuan rumah perundingan damai Israel-Palestina. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT