16 May 2021, 19:08 WIB

Menlu Ajak Anggota OKI Bersatu Hentikan Agresi Israel di Palestina


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

MENTERI Luar Negeri Retno Marsudi menghadiri pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada Minggu (16/5). Pertemuan yang dihadiri oleh 16 menteri dan wakil menteri luar negeri negara anggota OKI serta wakil dari negara OKI lainnya tersebut digelar khusus untuk membahas agresi Israel di wilayah Palestina.

Dalam pertemuan tersebut, Menlu Retno mengutarakan dukungannya kepada Palestina dan mengecam kekerasan yang dilakukan oleh Israel.

“Indonesia mengecam keras semua tindakan yang dilakukan oleh Israel. Yang lebih melukai lagi, tindakan tersebut dilakukan di bulan suci Ramadan dan di hari Raya Idul Fitri,” kata Retno dalam konferensi pers daring, Minggu (16/5).

Menurut Retno, Palestina adalah satu-satunya negara yang masih diduduki oleh kekuatan kolonial di dunia ini dan semua penderitaan Palestina disebabkan oleh Israel sebagai occupying power.

“Sampai saat ini, kita masih menyaksikan adanya gangguan terhadap pelaksanaan ibadah di Masjid Al-Aqsa, illegal settlement semakin merajalela, pergerakan orang-orang Palestina dibatasi di tanah mereka sendiri, dan hak-hak Palestina dihilangkan,” tuturnya.

Untuk itu, Menlu Retn juga mengusulkan beberapa langkah kunci yang harus dilakukan oleh OKI. Langkah kunci pertama adalah memastikan adanya persatuan di antara negara anggota OKI dan semua pemangku kepentingan di Palestina.

Baca juga : Serangan Udara Israel Tewaskan Satu Keluarga

Langkah kunci kedua, OKI harus mengupayakan terciptanya gencatan senjata segera. Dia pun menyerukan agar negara anggota OKI menggunakan pengaruhnya masing-masing untuk mendorong gencatan senjata secepatnya.

Sementara langkah kunci ketiga adalah agar OKI tetap fokus membantu kemerdekaan bangsa Palestina.

“Dalam kaitan ini, OKI harus lebih keras berupaya untuk mendorong dimulainya kembali negosiasi multilateral yang kredibel, yang berpedoman pada parameter-parameter yang telah disetujui secara internasional, dengan tujuan mencapai perdamaian yang lestari berdasarkan prinsip solusi dua negara,” jelasnya.

Retno menuturkan bahwa perjuangan untuk mendukung kemerdekaan Palestina masih jauh dari selesai. Oleh sebab itu, dia mengajak seluruh negara anggota OKI untuk bertindak bersama sekarang.

“Keadilan harus tercipta bagi rakyat Palestina. Dan saya tekankan bahwa Indonesia akan terus mendukung perjuangan Palestina,” tegasnya. (OL-7)

BERITA TERKAIT