12 May 2021, 09:49 WIB

Biden Klaim 40% Pemimpin Dunia Minta Bantuan Vaksin Korona dari AS


Atikah Ishmah Winahyu | Internasional

PRESIDEN Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengungkapkan hampir separuh pemimpin negara di dunia telah menghubunginya untuk meminta bantuan akses vaksin covid-19.

"Setiap negara di dunia sekarang mencari kami untuk memenuhi kekurangan kapasitas mereka untuk memproduksi maupun memiliki vaksin," kata Biden dalam pertemuan virtual dengan gubernur negara bagian AS, Selasa (11/5).

"Hampir 40% dari para pemimpin dunia menelepon saya dan bertanya, dapatkah kita membantu mereka," tuturnya. "Kita akan mencoba.”

Baca juga: Brasil Hentikan Vaksinasi AstraZeneca untuk Ibu Hamil

Biden tidak mengatakan negara mana yang dia maksud. Namun, ada tuntutan internasional yang berkembang untuk berbagi surplus vaksin AS yang sangat besar, termasuk di India yang terpukul parah akibat pandemi covid-19.

Bulan lalu, Biden telah berjanji mendistribusikan 60 juta dosis vaksin AstraZeneca, dengan India diharapkan menjadi penerima.

Sebelumnya, Gedung Putih mengatakan pihaknya meminjamkan 4 juta dosis AstraZeneca ke negara tetangga, Meksiko dan Kanada.

Namun, Washington berada di bawah tekanan untuk merilis lebih banyak vaksin, mengingat surplus diperkirakan mencapai ratusan juta dosis.

Biden mengulangi posisinya bahwa dia memprioritaskan warga AS yang diinokulasi tetapi mengatakan, "Kami akan bekerja dengan negara lain, karena akan ada banyak varian."

"Saya pikir kita bisa menghasilkan jauh lebih banyak vaksin lagi," tandasnya. (Straitstimes/OL-1)

BERITA TERKAIT