11 May 2021, 21:37 WIB

Prancis Serukan Israel Gunakan Kekuatan Proporsional Hadapi Hamas


Mediaindonesia.com | Internasional

PENGGUNAAN kekuatan oleh Israel harus proporsional dalam menanggapi roket yang ditembakkan oleh gerakan Hamas setelah beberapa malam kekerasan di Jerusalem, seorang menteri Prancis mengatakan Selasa (11/5).

"Sangat jelas, kami menyerukan penggunaan kekuatan yang proporsional oleh otoritas Israel," kata wakil menteri luar negeri Jean-Baptiste Lemoyne kepada anggota parlemen Prancis. Prancis akan terus bekerja untuk memastikan solusi politik untuk krisis dan konflik yang mendasari Palestina, tambahnya.

"Peristiwa ini menunjukkan bahwa solusi politik diperlukan. Sehubungan dengan ini kami tidak akan pernah mundur," katanya.

Menteri Luar Negeri Jean-Yves Le Drian menambahkan bahwa semua pihak harus menahan diri dengan maksimal dan menghindari semua provokasi atau hasutan untuk membenci. Ini untuk mengakhiri kekerasan yang korban utamanya adalah penduduk Palestina dan Israel.

Dia juga mengecam peningkatan serangan roket ke Israel dari Gaza, dengan mengatakan serangan ini, yang diklaim oleh Hamas secara khusus, harus segera dihentikan. Israel dan Hamas baku tembak pada Selasa, menyebabkan sedikitnya 26 warga Palestina dan dua warga Israel tewas.

Le Drian telah membahas kekerasan yang meningkat di Jerusalem timur dengan mitranya dari Yordania, Ayman Safadi, yang negaranya menjadi penjaga kompleks masjid Al-Aqsa, yang dikenal oleh Muslim sebagai Haram al-Sharif, dan fokus pada kekerasan tersebut.

 

"Para menteri mengungkapkan keprihatinan mereka yang mendalam tentang ancaman penggusuran paksa bagi penduduk distrik Sheikh Jarrah di Jerusalem timur yang memicu ketegangan," kata pernyataan itu. (AFP/OL-14)

 

BERITA TERKAIT