08 May 2021, 18:45 WIB

Besok, Selandia Baru Tangguhkan Travel Bubble dengan Australia


Insi Nantika Jelita | Internasional

SELANDIA Baru akan menangguhkan perjalanan bebas karantina atau travel bubble dengan Australia mulai besok, Minggu (9/5). Ini karena kekhawatiran mewabahnya penularan covid-19.

Selandia Baru diketahui telah memblokade perjalanan ke dan dari New South Wales (NSW), negara bagian terpadat di Australia, pada Kamis (7/5). Langkah itu setelah salah satu pasangan dari Sidney diketahui positif covid-19.

Menteri Tanggap Covid-19 Selandia Baru Chris Hipkins menyatakan, perjalanan ke dan dari NSW, rumah bagi sepertiga dari 25 juta populasi Australia, akan dilanjutkan setelah penurunan kasus yang rendah dari Negeri Kanguru. "Selandia Baru secara konsisten mengambil pendekatan pencegahan penularan covid-19," kata Hipkins dilansir Channel News Asia (CNA), Sabtu (8/5).

 

Australia dan Selandia Baru diketahui baru membuka perjalanan bebas tanpa karantina sebulan yang lalu, setelah dilaporkan tidak ada penambahan kasus covid-19 yang signifikan. Kontrol perbatasan dianggap menjadi kunci untuk menghentikan masuknya dan penyebaran kasus covid-19 varian baru dari luar negeri.

"Kontrol perbatasan wilayah tetap menjadi inti dari strategi eliminasi (penularan covid-19) kami, "kata Hipkins. Australia melarang perjalanan dari India karena tingkat infeksi yang tinggi, tetapi dikatakan akan mulai menyewa penerbangan repatriasi pada 15 Mei. (CNA/OL-14)

BERITA TERKAIT