08 May 2021, 11:13 WIB

WHO Minta G7 Prioritaskan Akses Adil untuk Vaksin Covid-19


 Nur Aivanni | Internasional

DIREKTUR  Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus, pada Jumat (7/5), meminta G7 untuk memprioritaskan akses yang adil vaksin Covid-19 di seluruh dunia.

Dia mengatakan distribusi vaksin yang tidak merata di antara negara-negara kaya dan miskin tidak akan membantu mengakhiri pandemi virus korona.

"Untuk G7 sekarang, yang paling penting dan dukungan segera yang kami butuhkan adalah vaksin, dan keadilan vaksin," katanya dalam konferensi pers.

Hampir 1,25 miliar dosis vaksin Covid-19 telah disuntikkan di setidaknya 210 wilayah di seluruh dunia, menurut hitungan AFP.

Sekitar 45% dari dosis itu telah diberikan di negara-negara berpenghasilan tinggi. Dan hanya 0,3% telah diberikan di 29 negara berpenghasilan terendah.

"Perbedaan seperti ini tidak bisa diterima," kata Tedros. "Bukan hanya karena masalah moral, tetapi itu tidak bisa diterima karena kita tidak akan mengalahkan virus itu di dunia yang terbagi," katanya.

Kelompok G7 mengadakan pertemuan puncak pada 11-13 Juni di Cornwall, Inggris, yang diselenggarakan oleh Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson.

WHO mengatakan G7 memiliki kemampuan untuk mendanai vaksin, pengujian dan pengobatan yang diperlukan untuk mengatasi pandemi dan meruntuhkan penghalang yang menghalangi produksi yang lebih cepat.

"Kepentingan setiap negara di dunia ini untuk berbagi vaksin, dan membantu dengan cara apa pun yang memungkinkan," kata Tedros. (AFP/Nur/OL-09)

BERITA TERKAIT