07 May 2021, 13:00 WIB

Twitter Tangguhkan Akun yang Terkait dengan Trump


Nur Aivanni | Internasional

TWITTER, pada Kamis, mengonfirmasi bahwa mereka mencabut beberapa akun yang mencoba menghindari larangannya terhadap mantan Presiden Donald Trump dengan mempromosikan unggahan blognya.

Mantan presiden itu meluncurkan halaman di situsnya awal pekan ini yang menjanjikan pernyataan "langsung dari meja Donald J Trump". Halaman itu dipublikasikan tepat sebelum dewan pengawas independen Facebook pada Rabu menguatkan larangan platform tersebut terhadap Trump.

Baca juga: Kolombia akan Berdialog dengan Pemimpin Aksi Protes

Menurut platform tersebut, akun Twitter dengan nama-nama seputar tentang tema Trump dan berusaha untuk memperkuat unggahan situs web Trump telah dinonaktifkan.

"Seperti yang dinyatakan dalam kebijakan kami, kami akan mengambil tindakan terhadap akun yang niatnya jelas untuk mengganti atau mempromosikan konten yang berafiliasi dengan akun yang ditangguhkan," kata juru bicara Twitter kepada AFP.

Twitter mengatakan pihaknya secara permanen menangguhkan akun Trump setelah kerusuhan yang mematikan di Gedung Capitol pada 6 Januari karena ada risiko dia akan semakin memicu kekerasan, setelah berbulan-bulan cuitan yang mempermasalahkan kemenangan pemilihan Presiden Joe Biden.

"Satu-satunya hal yang paling penting adalah mencabut platform Donald Trump," kata Russell Muirhead, seorang profesor dari Dartmouth University. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT