05 May 2021, 07:31 WIB

Militer Sebut 2-6% Pasukan AS Telah Ditarik dari Afghanistan


Nur Aivanni | Internasional

AMERIKA Serikat telah menyelesaikan dua hingga enam persen penarikan pasukannya dari Afghanistan, setara dengan 60 pesawat kargo yang sejauh ini telah dipindahkan sebelum tenggat waktu pada September. Komando Pusat AS mengatakan 1.300 peralatan telah dikirim untuk dihancurkan dan satu fasilitas di provinsi Helmand telah dialihkan ke tentara Afghanistan sejak pengumuman penarikan dari Presiden Joe Biden pada 14 April.

Militer AS akan menerbitkan update mingguan tentang penarikan tersebut, termasuk tentang mundurnya pasukan dan peralatan serta menyerahkan peralatan dan fasilitas kepada pasukan keamanan Afghanistan.

Pasukan Afghanistan menghadapi peningkatan serangan pemberontak dalam beberapa hari terakhir di Helmand, di mana Amerika Serikat pada Minggu menyerahkan pangkalan Antonik sebagai bagian dari penarikan resmi yang dimulai pada 1 Mei.

AS telah meremehkan pertempuran terbaru itu dan mengatakan bahwa proses penarikan tersebut tidak terpengaruh ketika mereka menarik 2.500 pasukan terakhirnya dari negara itu.

Para pemimpin militer AS telah menimbulkan kekhawatiran bahwa pemerintah Kabul akan jatuh ke tangan Taliban setelah penarikan itu. Mereka juga mengatakan pemberontak sekarang menguasai lebih banyak wilayah Afghanistan daripada 10 tahun lalu. (AFP/OL-3)

 

 

BERITA TERKAIT